Pengertian Dan Fungsi Anggaran

Posted: May 9, 2011 in catatan kuliah, Penganggaran Perusahaan.
Tags: ,

Pengertian anggaran menurut Glenn A Welsch dalam bukunya yang berjudul Budgeting, profit, planing, and control, prentice-hall, new edition adalah :
” Profit planing and control may be broadly as defined as sistematic and formalized approach for accomplishing the planing, coordinating and control responsibility of management “.
Dari pengertian tersebut dapat di simpulkan bahwa pengertian anggaran menurut Glenn A Welsch adalah suatu anggaran dikaitkan dengan fungsi – fungsi dasar manajemen yang meliputi fungsi perencanaan, koordinasi, dan pengawasan jadi bila anggaran di hubungkan dengan seorang manajer di perusahaan maka anggaran meliputi fungsi perencanaan, mengarahkan, mengorganisasi dan mengawasi setiap satuan dan bidang-bidang organisasional di dalam badan usaha.
Pengertian anggaran menurut Gomes adalah :
” Anggaran merupakan suatu dokumen yang berusaha untuk mendamaikan prioritas – prioritas program dengan sumber – sumber pendapatan yang di proyeksikan “.
Anggaran menggabungkan suatu pengumuman dari aktifitas organisasi atau tujuan untuk suatu jangka waktu tertentu, dengan informasi mengenai dana yang di butuhkan untuk aktifitas tersebut atau untuk mencapai tujuan tersebut.
Definisi anggaran menurut Mulyadi adalah :
” Anggaran merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif yang diukur dalam satuan moneter standar dan satuan ukuran yang lain yang mencakup jangka waktu 1 tahun “.
Mengapa suatu anggaran diukur dalam satuan unit moneter? karena suatu anggaran di jadikan alat sebagai penaksir harga yang berlaku pada saat itu.
Sedangkan pengertian suatu anggaran menurut Supriyono adalah :
” Perencanaan keuangan perusahaan yang dipakai sebagai dasar pengendalian ( pengawasan ) keuangan perusahaan untuk periode yang akan datang “.Anggaran merupakan suatu rencana jangka pendek yang disusun berdasarkan rencana kegiatan jangka panjang yang telah di tetapkan dalam proses penyusunan program, dimana suatu anggaran disusun oleh manajemen untuk jangka waktu satu tahun yang nantinya akan membawa perusahaan pada kondisi tertentu yang di inginkan dengan sumber daya yang sudah di tentukan.Setelah mengetahui pengertian anggaran dari beberapa ahli di atas, sudah barang tentu suatu anggaran mempunyai peranan yang penting bagi sebuah perusahaan yang tidak lain fungsi dari anggaran itu sebagai alat bantu bagi seorang manajer dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang telah ditetapkan, adapun fungsi dasar dari seorang manajer meliputi :
* Fungsi Perencanaan
Fungsi ini merupakan fungsi utama dan menjadi dasar bagi fungsi -fungsi manajemen lainnya, karena sebelum suatu perusahaan melakukan kegiatan operasionalnya, maka seorang pimpinan dari perusahaan tersebut harus terlebih dahulu melakukan perumusan tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan, hasil apa saja yang akan di peroleh, dan bagaimana dalam melaksanakannya, oleh karena alasan itulah fungsi perencanaan ini memegang peranan yang penting bagi sebuah perusahaan.
* Fungsi Pengawasan
Di dalam suatu perusahaan fungsi pengawasan juga di perlukan karena untuk mengawasi usaha – usaha yang dilakukan oleh para pelaksana perencanaan agar usaha yang sudah direncanakan dapat tercapai, sekaligus untuk mengevaluasi apakah usaha atau tindakan yang sudah dilakukan sudah efisien atau sebaliknya.
* Fungsi Koordinasi
Fungsi koordinasi memegang peranan untuk menuntut adanya keselarasan tindakan bekerja dari setiap individu atau bagian dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.
* Anggaran Sebagai Pedoman Kerja.
Secara umum anggaran bearti suatu rencana kerja yang disusun secara sistematis dan dinyatakan dalam satuan unit moneter, dan biasanya suatu anggaran di susun berdasarkan pengalaman masa lalu yaitu sekurang – kurangnya 5 tahun terakhir sehingga dapat untuk menaksir kebutuhan pada masa yang akan datang.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s