Prosedur Analisis Lingkungan Bisnis Secara Makro

Posted: May 10, 2011 in catatan kuliah, Manajemen Strategi.
Tags: , ,

Di dalam dunia usaha seorang pelaku usaha sebelum memulai usahanya di tuntut agar bisa mengenali dan menganalisa lingkungan bisnis yang akan di jalankannya, tindakan ini mempunyai suatu tujuan agar dapat terlebih dulu mengidentifikasi suatu peluang di tempat tertentu dan dapat dijadikan pedoman untuk mengantisipasi ancaman dalam menjalankan bisnis atau usaha yang akan di jalankan, untuk melakukan hal tersebut bisa juga dengan mengetahui beberapa prosedur dalam menganalisis lingkungan bisnis secara makro, dikarenakan sinyalemen yang ada cenderung lemah dan tidak ada batasan yang tegas antara satu dengan yang lainnya, adapun prosedur analisis lingkungan bisnis secara makro tersebut adalah :
1. IDENTIFIKASI VARIABEL.
Yang di maksud disini adalah seorang pelaku usaha mampu untuk mengidentifikasi variabel apa saja yang di perlukan dalam melakukan atau menjalankan suatu usaha. sebagai contoh dalam usaha cuci mobil:
* Merekrut karyawan yang teliti dan mampu bekerja dalam tim
* Menyediakan shift kerja.
* Memberikan waktu istirahat bagi karyawan.
* Menyediakan izin bagi karyawan yang berkepentingan.
2. MENGENAL DAN MENGETAHUI KARAKTER USAHA.
Pengertian dari prosedur ini sudah cukup jelas yaitu mengenal dan mengetahui usaha yang akan di lakukan serta bagaimana menjalankan usaha tersebut, sebagai contoh pada bengkel cuci mobil:
* Mempunyai tempat yang luas, sekaligus sebagai tempat parkir dan antrian
* Mempunyai hidrolis untuk mengangkat kendaraan yang akan dibersihkan.
* Mempunyai sumber air dan pompa.
3. IMPLIKASI MANAJERIAL.
Pada prosedur ini di harapkan seorang pelaku usaha dapat mengetahui bagaimana cara menjalankan usaha tersebut dan faktor apa saja yang menjadi penunjangnya.
Sebagai contoh pada bengkel cuci mobil harus bisa:
* Menanyakan apa yang menjadi kemauan para pelanggan.
* Membersihkan secara teliti setiap kendaraan yang di cuci.
* Memberikan saran apabila ada bagian yang perlu di ganti.
4. ANTISIPASI DAN STRATEGI.
Yaitu memperkirakan faktor apa saja yang harus di lakukan agar usaha yang dijalankan tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya.
sebagai contoh pada bengkel cuci mobil:
* Membuka usaha di pinggir jalan utama dan memasang nama usaha dengan terang.
* Memberikan harga yang murah kepada para pelanggan.
* Membuat saluran penampungan air bekas cucian kendaraan sendiri agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s