Peluang Usaha Pembibitan Dan Ternak Lele

Posted: May 14, 2011 in Perikanan
Tags: , ,

Siapa yang tidak mengenal ikan lele? ikan yang dagingnya terasa lezat dan gurih ini memang di sukai oleh banyak orang, oleh karena itu mempunyai usaha sampingan dalam bidang perlelean merupakan usaha yang cukup menjanjikan dikarenakan pangsa pasar yang begitu besar dan sudah dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu pembibitan dan pembesaran.
Pembibitan ikan lele sebenernya dapat dilakukan oleh semua orang, asalkan mempunyai waktu luang dan mempunyai pengetahuan tentang tata cara pemijahan dari ikan itu sendiri serta tidak lupa berdoa kepada Tuhan.
Berdasarkan pengalaman pribadi penulis sebenarnya melakukan pemijahan ikan lele dumbo tidak memerlukan biaya yang begitu besar dan lahan yang luas, tetapi harus memperhatikan pada beberapa hal tertentu, ada pun hal – hal yang harus di persiapkan sebelum melakukan pemijahan ikan lele tersebut adalah :
1. PERSIAPAN KOLAM.
Kolam yang di perlukan di sini adalah kolam untuk perawatan induk dan kolam untuk pemeliharaan larva, sekaligus sebagai tempat pembibitan ikan lele dumbo, kolam yang digunakan sebagai pemeliharaan induk dapat menggunakan lahan yang ada sebagai gambaran kolam berukuran 1 x 2m bisa diisi dengan 3 ekor induk, yaitu 1 ekor induk jantan dan 2 ekor indukan betina, sedangkan cara pembuatan kolam indukan ini bisa dibuat dengan terpal, semen atau tanah galian yang penting tinggi kolam minimal harus 0,5 meter, dan mempunyai saluran untuk pemasukan dan pembuangan air.
Kolam untuk pembibitan lele atau kolam pijah juga tidak jauh berbeda dengan kolam pemeliharaan larva, hanya saja ukurannya di perkecil menjadi minimal 1 x 1 m, di samping itu juga kolam pembibitan lele ini di lengkapi dengan kakaban, kakaban itu sendiri merupakan ijuk yang di jepit dengan bambu dan letakkan di dasar kolam, bila saat pemijahan kakaban ini di kasih potongan batu bata diatasnya sebagai pemberat.
2. MENYEDIAKAN INDUKAN.
Karena yang di perlukan di sini adalah faktor genetis, maka sebaiknya untuk mencari indukan yang berkualitas kepada penyedia indukan yang sudah terpercaya dan mempunyai reputasi yang baik.
Media kolam untuk pemeliharaan induk sebaiknya dibuat dengan ketinggian air kurang lebih 10 / 15 cm, dan dikasih media berupa enceng gondok, oleh karena sifat dari ikan lele betina yang segera melepaskan telur pada air bersih dan bening, maka sebaiknya air kolam untuk pemeliharaan induk di buat menjadi keruh, sekaligus untuk mengurangi resiko terjadinya perkawinan secara liar saat pertama kali indukan baru di masukkan kolam.
Pakan untuk indukan yang terpenting harus mengandung protein hewani yang tinggi, karena protein ini di perlukan untuk proses pematangan gonad dan pembentukan telur, adapun pakan yang diberikan dapat berupa :
* Pakan buatan.
Pakan buatan yang dimaksud di sini adalah pelet, pemberiannya cukup 1 x sehari, pemberian pelet ini ditujukan agar kebutuhan vitamin yang di butuhkan oleh indukan dapat terpenuhi. karena sifat ikan lele dumbo ini adalah noctunal atau aktif pada malam hari maka pemberiannya diusahakan memberi pakan pada malam hari.
* Pakan Alami.
Pakan alami yang dimaksud di sini adalah pakan yang masih hidup. dan sifatnya merupakan pakan tambahan, oleh karena itu pakan alami tidak setiap hari diberikan melainkan cukup 3 hari sekali dan pemberiannya bergantian dengan pemberian pelet.
Pakan alami yang di berikan dapat berupa bekicot, keong, kodok kecil, ayam tiren, ikan rucah, anakan ikan lele itu sendiri, cacing sutra, khusus untuk cacing sutra bila sudah akan memijah sebaiknya porsinya di hentikan, karena kandungan lemak yang bisa berakibat induk betina gagal telur.
3. PROSES PEMATANGAN GONAD.
Ciri indukan berkelamin jantan:
* Berenang lebih lincah atau aktif.
* Badan tampak lebih ramping.
* Bila di usap pada bagian sirip atas dari depan ke belakang sirip berdiri.
* Pada alat kelamin kelihatan meruncing dan keras.
Ciri indukan betina.
* Berenang dengan lambat.
* Badan tampak lebih bulat atau gemuk.
* Bila di pegang pada bagian perut terasa lembek.
* Pada bagian kelamin berwarana merah keunguan dan membesar.
Proses pematangan gonad pada indukan jantan yang berukuran kurang lebih 1 kg memakan waktu sekitar 1 minggu 3 hari setelah melakukan pemijahan, sedangkan untuk indukan betina berukuran kurang lebih 0,7 kg membutuhkan waktu lebih lama lagi yaitu sekitar 4 hingga 5 minggu setelah masa pemijahan selesai.
4. PROSES PEMIJAHAN Saat indukan sudah matang gonad, maka proses untuk melakukan pemijahan atau pembibitan ikan lele dumbo sudah dapat dimulai, tetapi sebelumnya harus mempersiapkan kolam pemijahan terlebih dahulu, pada dasar kolam pemijahan di taruh kakaban yang sudah di persiapkan terlebih dahulu dan kasih batu bata sebagai pemberat tapi jangan terlalu tinggi, kakaban ini nantinya berfungsi sebagai tempat untuk indukan betina menempelkan telurnya, karena kalau tidak dikasih media kakaban, sering kali telur yang di keluarkan oleh induk betina akan bertumpuk dan tidak menyebar, setelah kakaban selesai di pasang isi air kolam pemijahan atau pembenihan ikan lele dumbo dengan air yang bersih dan bening dengan ketingian air kurang lebih 10 / 15 cm, atau lebih gampangnya isi air hingga indukan tercelup dan dapat berenang di kolam pemijahan, tetapi jangan terlalu tinggi, karena jika air terlalu tinggi di khawatirkan ke dua indukan malah akan berkelahi. proses selanjutnya adalah memasukkan kedua indukan, perlu di ingat dalam memasukkan indukan lakukan pada saat sore hari, sekitar jam 16.00 wib, dan cek ulang ketinggian air apakah sudah pas atau masih terlalu tinggi. Setelah indukan dimasukkan ke dalam kolam perlu pengawasan yang lebih lanjut pada jam – jam tertentu yaitu:
* 19.00/19.30
Biasanya sekitar jam itu kedua indukan saling berkejaran tetapi tidak saling serang, apabila saling serang angkat kedua indukan dan mulai dari awal lagi
* 22.00/23.30 wib.
Kedua indukan yang saling berkejaran tadi, sekarang bergantian saling menciumi media kakaban yang sudah dipersiapkan tadi.
* 03.00 / 05.00 wib.
Indukan betina mulai melepaskan telur yang ada di perutnya tetapi masih sebagian.
* 07.00 / 11.00 wib
Pada jam ini biasanya telur sudah dikeluarkan semua dari perut indukan betina, dan berserakan di kakaban. Untuk proses selanjutnya angkat kedua indukan dengan jaring dan lakukakan secara hati – hati, agar telur yang ada tidak terguncang – guncang, masukkan kembali indukan ke kolam pemeliharaan induk untuk di persiapkan lagi pada proses pemijahan selanjutnya.
Setelah mengetahui proses pemijahannya melalui postingan ini semoga dapat membantu bagi yang ingin memeliki usaha sampingan dalam pembibitan dan ternak lele, dan semoga pada postingan selanjutnya akan saya ulas mengenai perawatan telur dan larva lele.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s