Salah satu strategi perusahaan yaitu strategi pertumbuhan, yang berarti berkaitan erat dengan langkah yang ditempuh oleh perusahaan untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan dari perusahaan yang bersangkutan.
Di dalam strategi pertumbuhan dibagi menjadi lima bagian, yaitu
1. STRATEGI KONSENTRASI.
Yang dimaksud dengan strategi ini adalah kegiatan perusahaan untuk melakukan peningkatan produk yang di hasilkan.
Misalnnya.
* Melakukan diskon harga.
* Melakukan promosi.
2. STRATEGI PERLUASAN PASAR.
Dalam strategi ini perusahan melakukan penambahan area pemasaran, sehingga di harapkan dengan langkah ini produk yang terjual akan semakin meningkat.
Misalnya.
* Membuka cabang di daerah lain.
3. STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK.
Yang dimaksud dengan strategi ini adalah, sebuah perusahaan melakukan penambahan fungsi barang atau memodifikasi barang yang di produksi.
Misalnya.
* Bentuk botol sampo pada era tahun 60-an sudah berbeda dengan bentuk botol sampo sekarang.
* Bentuk dan fungsi handphone yang dulunya berbentuk kaku, dan hanya bisa dipergunakan untuk telefon sekarang sudah berbeda, handphone berbentuk stylish dan tidak hanya untuk menelpon.
Oleh karena itu didalam strategi pengembangan produk biasanya di dalamnya terdapat, ukuran dan kualitas yang dapat menjadi pembeda pada jenis barang yang sama.
4. STRATEGI INTEGRASI.
Yaitu merupakan strategi yang menyatukan beberapa usaha yang berskala kecil dan merubahnya menjadi bentuk produk yang baru.
Dalam strategi integrasi ada 2 macam yaitu,
* Horizontal.
Sebuah perusahaan yang sudah mapan, merekrut secara mendatar pada jenis usaha yang sama.
* Vertikal.
Yaitu menguasai bahan baku dari yang terkecil dan yang terbesar untuk menghasilkan suatu jenis produk.
5. STRATEGI DIVERSIFIKASI.
Merupakan strategi perusahaan yang berbentuk pada keaneka ragaman barang sejenis yang diproduksi.
Strategi diversifikasi dibagi menjadi dua macam yaitu,
* Konsentrik.
Yaitu menambah macam barang tetapi ada kaitannya dengan bahan baku yang diproduksi.
Misalnya.
Mendirikan khusus ayam, sebagai menunya tidak hanya ayam goreng, tetapi juga menyediakan sup ayam, ayam bakar, dan lain sebagainya.
* Konglomerasi.
Yaitu penganeka ragaman usaha yang tidak ada hubungannya dengan jenis usaha asal.
Misalnya.
Sebuah pabrik rokok membuka sebuah pertanian kelapa sawit, dan tidak membuka perkebunan tembakau.
Setelah mengetahui strategi pertumbuhan perusahaan maka dapat apabila ada perusahaan atau organisasi yang sakit dapat terlihat, sehingga diperlukan langkah untuk melakukan penyehatan perusahaan.
Sebuah perusahaan atau organisasi dikatakan sakit, bila.
” Suatu organisasi atau perusahaan tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang eksternal “.
Sedangkan untuk gejala internal sebuah perusahaan dikatakan sakit bila,
* Terganggunya arus kas, baik itu inflow maupun outflow.
* Menumpuknya hutang perusahaan.
* Penurunan R.O.I ( Return On Investment ).
* Menurunnya kedisiplinan S.D.M.
* Tingkat penjualan yang semakin menurun.
Bila perusahaan atau organisasi sedang dalam masa sakit dan mau diadakan penyehatan, maka langkah yang dilakukan dapat secara strategik dan operasional.
* Secara strategik.
Organisasi atau perusahaan dapat meninjau visi dan misi awal, bisa juga dengan cara meninjau ulang struktur organisasi.
* Secara operasional.
Perusahaan dapat melihat kembali bagaimana kegiatan operasionalnya, apabila tidak efisien maka dapat dengan segera dilakukan langkah efisiensi untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s